Header Ads

Mengapa ya anjing terkesan selalu memusuhi kucing?

Mengapa ya anjing terkesan selalu memusuhi kucing? (Gambar: pixabay.com)
SainsWIKI - Kalian punya kucing atau anjing sebagai peliharaan? Atau pernah menonton film yang menunjukkan bahwa kucing selalu bermusuhan dan tak henti-hentinya dikejar-kejar oleh anjing?

Bagaimana ya asal mulanya anjing selalu memusuhi kucing? Bagi yang penasaran bisa melanjutkan membaca artikel ini. Dijamin tak sampai 5 menit kok.

Well, jika kalian menonton tayangan televisi yang menunjukkan bahwa seakan-akan anjing dan kucing selalu bermusuhan, sepertinya itu hanyalah perihal yang diada-adakan saja.

Lho kok begitu, bukankah anjing selalu bereaksi keras dan cenderung mengejar kucing yang kebetulan ditemuinya?

Ya, tentu saja itu adalah sifat alami anjing, dan juga kucing, lama sejak dahulu kala mereka hidup di alam liar.

Insting hewan karnivora pemburu seperti anjing dan kucing dalam mencari makan adalah akan mengejar obyek-obyek bergerak.

Di rumah, barangkali kalian sering mendapati kucing kalian senang sekali memburu benda-benda bergerak. Bahkan jikalaupun itu adalah sebuah mobil remot kontrol atau pita yang sengaja kalian gerak-gerakkan.

Lalu mengapa selalu anjing yang mengejar kucing, dan bukan sebaliknya?

Itu barangkali kalian terlalu tersugesti oleh tayangan televisi. Selain alasan yang tersebut di atas, faktor ukuran dan dominasi juga mempengaruhi.

Jika jenis anjingnya lebih besar dibanding kucing, sudah pasti si kucing yang akan terintimidasi dan dikejar-kejar.

Namun pernahkah kalian bereksperimen, bagaimana jika kucing yang agak besar bertemu jenis anjing yang memang bertubuh kecil? Besar kemungkinan yang terjadi adalah sebaliknya.

Tapi perlu dicatat ya, berhubung kedua binatang ini adalah jenis karnivora, maka ada baiknya jika kita bersikap bijaksana saat memperkenalkan keduanya sebagai peliharaan di rumah.

Sebab ada kalanya binatang semacam ini sangat mementingkan kawasan kekuasaan. Jadi harus sangat berhati-hati, lebih baik jika didampingi oleh yang lebih berpengalaman.

Karena banyak kok kondisi di mana anjing dan kucing bisa hidup rukun di rumah yang sama, bahkan makan dan minum dari tempat yang sama. Itu karena mereka memang sudah terbiasa dan dikenalkan sejak masih kecil.

Jadi sekarang sudah tahu kan, mengapa seolah-olah terlihat anjing selalu mengejar-ngejar si pus?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.