Header Ads

Mari, Mengenal Lebih Jauh Binatang Marsupial

Mari, Mengenal Lebih Jauh Binatang Marsupial
Kanguru, binatang jenis marsupial yang paling banyak diketahui orang. (Gambar: Pixabay.com)
SainsWIKI -  Ada banyak sekali jenis dan spesies binatang di dunia. Beberapa di antara mereka memiliki keistimewaan tersendiri yang tak dimiliki oleh binatang jenis lain. Salah satunya ada binatang yang memiliki kantong di perut mereka. Bukan untuk menyimpan dompet, melainkan untuk menggendong anak mereka kemana-mana. Ya, itu adalah jenis binatang marsupial, atau marsupialia.

Mengapa disebut marsupial? Istilah marsupial diambil dari kata marsupium, yang artinya adalah kantung. Semua marsupial adalah mamalia, itu artinya mereka berkembang biak dengan melahirkan, dan termasuk binatang menyusui.

Jika ditanya tentang binatang berkantung, kalian pasti langsung terpikir binatang kanguru kan? Padahal pada kenyataannya kanguru bukanlah satu-satunya binatang berkantung. Binatang yang masuk dalam kategori marsupial ini di antaranya adalah kanguru, koala, possum, wallaby, tasmanian devil, dan beberapa binatang lain yang memang jarang dijumpai.

Mengapa harus memiliki kantung?

Binatang marsupial memiliki masa kehamilan yang sangat singkat, tak lebih dari lima minggu saja.

Sehingga saat dilahirkan, keadaannya si bayi marsupial masih sangat lemah. Sehingga mereka akan lebih aman jika berada di dalam kantung ibu mereka selama beberapa minggu. Sehingga bisa mendapatkan kehangatan dan perlindungan dari predator. Juga lebih mudah untuk menjangkau puting susu ibunya.

Faktanya, lebih dari setengah populasi binatang marsupial ini ada di benua Australia. Dan hanya beberapa saja yang ada di Amerika selatan dan Papua.

Nah, sudah mengerti kan, bahwa kanguru bukanlah satu-satunya binatang berkantung. Hayo, siapa belum pernah melihat kanguru secara langsung?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.